Taman Vertikal

Ingin Menghijaukan Rumah? 5 Tanaman untuk Taman Vertikal Terbaik ini Bisa Jadi Pilihan

Anda ingin menghijaukan rumah dengan berbagai tanaman hias maupun herbal tetapi, terhalang oleh lahan yang sempit? Maka, coba gunakan teknik tanaman untuk taman vertikal.

Taman vertikal adalah teknik untuk menanam tumbuh secara vertikal lantaran sedikitnya lahan yang tersedia sehingga tidak memungkinkan untuk ditanam secara horizontal. Biasanya, taman ini dibuat dengan memanfaatkan dinding yang masih kosong, area dekat jendela dengan tanaman gantung, atau rak-rak dalam rumah untuk menambah kesan segar dan nyaman ketika dipandang.

Jenis tanaman untuk taman vertikal

Berikut referensi 5 tanaman untuk taman vertikal yang bisa Anda pilih sebelum merangkai sendiri kebun vertikal.

  • Tanaman Lili Paris

tanaman lili paris – jenis tanaman vertikal garden

Lili Paris memiliki bentuk yang memanjang dengan ukuran daun relatif kecil. Pada bagian tengahnya, terdapat garis kecil berwarna putih kekuningan. Biasanya, Lili Paris tumbuh di tempat sejuk, tetapi tahan dari paparan cahaya matahari secara langsung. Tidak heran jika banyak Lili Paris yang ditanam pula di area outdoor.

  • Tanaman Sirih

tanaman sirih sintetis – tanaman untuk vertikal garden

Siapa sangka jika tanaman sirih dapat digunakan untuk menghiasi kebun vertikal ciptaan Anda. Selain untuk hiasan, sirih juga dapat digunanakan untuk minuman tradisonal yang dicampur dengan kunci dan kunyit asam dengan khasiat dapat mengharumkan area kewanitaan perempuan.

Sirih termasuk tanaman yang mudah menjulur tinggi jika terdapat penopangnya. Itu sebabnya, tumbuhan ini sangat cocok dijadikan sebagai dinding hidup pada bagian pagar atau luar rumah.

  • Tanaman tanduk rusa

tanaman tanduk rusa – jenis tanaman vertikal garden

Seperti namanya, bentuk tanaman ini pun menyerupai tanduk rusa terbalik. Tumbuhan ini masuk dalam keluarga paku-pakuan dan biasa dikembangkan melalui spora.

Tanduk Rusa merupakan tanaman epifit yang harus menempel pada pohon lain agar bisa tumbuh. Itu sebabnya tanduk rusa bisa menjadi tanaman untuk taman vertikal yang tepat karena dapat ditanam pada dinding-dinding kayu atau tanaman merambat lain yang bisa berfungsi sebagai inang.

  • Tanaman coral vine

tanaman coral vine – pohon untuk vertikal sintetis

Coral vine atau lebih dikenal dengan sebutan air mata pengantin berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Tanaman ini masuk dalam suku polygonaceae dan dapat ditempatkan di media apa pun, baik dinding, pagar, bingkai kayu, atau bahkan barang-barang bekas seperti botol maupun kaleng.

Menariknya, coral vine mampu menghasilkan banyak nektar yang dapat menarik serangga penyerbuk datang. Maka, jangan heran jika taman vertikal Anda yang terbuat dari tanaman air mata pengantin akan lebih sering diserbu kupu-kupu ataupun lebah.

  • Tanaman Tillandsia tanaman untuk taman vertikal

Tillandsia hampir mirip dengan anggrek yang masuk dalam tumbuhan epifit, yaitu dapat tumbuh dengan menempel pada tumbuhan lain yang dijadikan inang tetapi tidak merugikan sang inang. Tillandsia juga dijuluki sebagai air plants lantaran tidak memerlukan air dalam perawatannya dan dapat tumbuh ketika dibiarkan begitu saja.

Tillandsia memiliki bulu-bulu pada seluruh bagian tubuhnya untuk menangkap debu dan air yang mengandung unsur hara. Unsur tersebutlah yang dijadikan untuk hidup. Sementara bagian akar digunakan untuk bertopang pada tumbuhan lainnya.

Kelima tanaman di atas dapat membantu mewujudkan impian Anda membuat taman vertikal di lahan rumah yang terbatas. Jika masih bingung mencari tanaman untuk taman vertikal yang sesuai untuk dekorasi rumah serta lingkungan sekitar, Anda dapat menghubungi Tamanindo. Baca juga, 4 Keunggulan yang Didapatkan dari Penggunaan Rumput Sintetis

Tenaga-tenaga profesional yang sudah khatam masalah pertamanan dan tumbuhan hias akan dengan senang hati membantu Anda membuat kebun hias yang indah, nyaman, serta mendukung kesehatan seluruh anggota keluarga dalam rumah.

Ada juga jenis rumput sintetis yang cocok dijadikan karpet hidup dalam arena bermain si kecil atau lapangan olahraga mini dalam rumah. Anda pun bisa mengubah kamar si kecil sesuai kesukaan menggunakan rumput sintetis tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan hubungi tamanindo dan ungkapkan keinginan Anda dalam menciptakan kebun vertikal.

Anda mungkin juga suka...