Taman Vertikal

6 Inspirasi Model Taman Vertikal Minimalis Terbaik

Ingin memiliki taman dalam rumah untuk memberi kesan sejuk dan sehat bagi keluarga merupakan impian sebagian orang. Sayangnya, keterbatasan lahan dapat menjadi kendala untuk mewujudkannya. Namun, dengan menggunakan teknik taman vertikal minimalis, Anda bisa memanfaatkan sedikitnya tanah kosong dalam rumah untuk menciptakan kebun ideal yang sehat dan aman bagi keluarga.

Taman Vertikal Minimalis Untuk Referensi Anda

Berikut 6 inspirasi model taman vertikal minimalis untuk referensi Anda.

  • Memanfaatkan pot dan dinding untuk membuat taman vertikal susun

Daripada dinding terasa kosong, lebih baik Anda isi dengan tanaman hias yang dimasukkan dalam pot-pot berukuran kecil. Anda bisa menggunakan media tambahan seperti panel taman serta bebatuan pada bagian bawah agar pot dapat tersusun secara rapi dari bawah ke atas.

Agar lebih hemat, Anda bisa membuat panel sendiri menggunakan kawat yang dirakit. Kemudian kaitkan tiap-tiap pot yang sudah ditanami bunga kesayangan pada kawat-kawat yang tersedia. Selain hemat, perawatannya pun lebih mudah.

  • Pipa bisa menjadi lahan aman untuk taman vertikal

vertikal garden minimalis – image. bangka.tribunnews

Ketika membuat saluran air, mungkin saja masih ada sisa-sisa pipa paralon yang tidak terpakai. Nah, Anda dapat memanfaatkannya untuk menciptakan taman vertikal minimalis impian. Ingin Tahu Taman Vertikal Sintetis Harga Vertical Garden Per M 2 Terkini? Cek Di Sini!

Dari satu pipa paralon, Anda dapat membelahnya menjadi dua kemudian mengisinya dengan bermacam-macam jenis bunga yang disukai dan cocok dengan desain rumah. Selanjutnya, gantung pipa-pipa tersebut mirip ayunan bertingkat. Untuk merawatnya, Anda bisa menggunakan selang yang dikucurkan dari atas ke bawah, sehingga semua tanaman bisa menerima asupan air.

  • Gunakan barang bekas untuk media taman hias

taman vertikal minimalis menggunakan bahan bekas

Ada banyak barang bekas yang tersimpan di dalam rumah. Contohnya kaleng bekas, botol bekas, maupun karung bekas. Nah, Anda dapat dapat menggunakannya sebagai media untuk menanam bunga-bunga hias di sudut-sudut rumah.

Misal, tempatkan karung bekas yang sudah dibentuk sebagai wadah dan berisi pupuk, tanah, serta tanaman pada dinding atau pagar rumah. Model taman ini cocok untuk rumah bergaya vintage yang menggunakan kayu sebagai dinding.

Ada juga botol yang dibuat lubang pada bagian tengahnya kemudian diisi dengan tanah, pupuk, dan tanaman. Botol-botol tersebut dapat digantung pada dinding secara vertikal memenuhi tiap sudut rumah.

  • Untuk rumah vintage, bisa menggunakan bambu atau kayu bekas

Untuk rumah minimalis bergaya klasik atau vintage, Anda bisa menggunakan bambu yang dilubangi sesuai ukuran pot yang diinginkan. Kemudian susun secara vertikal baik digantung ataupun ditempatkan di atas rak.

Selain itu, gunakan juga kayu bekas yang dibentuk selayaknya rak buku. Letakkan pot-pot yang terbuat dari kaleng bekas di atasnya. Masukkan tanaman hias yang dikehendaki.

  • Gunakan pot gantung untuk taman vertikal di area indoor

taman vertikal sederhana menggunkan pot gantung

Sisi-sisi kamar ataupun dapur yang terlihat kosong dapat diisi dengan taman buatan yang berasal dari pot-pot gantung. Anda bisa menempatkannya persis di dekat jendela agar memberi kesejukan ketika beraktivitas.

Anda juga bisa meletakkannya di dekat ruang keluarga untuk memberi kesan nyaman dan homey. Sirkulasi udara pun akan lebih bagus.

  • Anak tangga yang kosong bisa dijadikan tempat untuk tanaman hias kesayangan

Ketika sudah benar-benar tidak ada lagi ruang kosong atau lahan yang bisa digunakan untuk membuat taman vertikal minimalis, maka manfaatkanlah area tangga baik di dalam maupun luar rumah.

Anda bisa menempatkan pot-pot bunga di setiap pojok tangga. Sesuaikan warna dan jenisnya dengan selera Anda. Namun demikian, pastikan jika keberadaan taman buatan tersebut tidak mengganggu sirkulasi keluarga maupun tamu yang lewat, ya.

Nah, itulah 6 inspirasi model taman vertikal minimalis yang bisa Anda contoh. Jika bingung dalam pemilihan bunga maupun pembuatan lahannya, bisa menghubungi Tamanindo yang terletak di daerah Tajur Halang, Bogor.

Anda mungkin juga suka...