Taman Vertikal

3 Cara Membuat Taman Vertikal (Vertical Garden) Dinding Termudah dan Sederhana

Mungkin Anda berpikir bahwa membuat kebun hias di rumah membutuhkan lahan luas atau area kosong yang cukup lebar. Pot, tanah, benih, maupun tanaman hias bisa dengan mudah didapatkan. Tetapi, bagaimana dengan ruang kosong tersebut? Pasti sulit. Terlebih jika tinggal di apartemen atau rumah dengan sisa lahan yang sempit. Cara membuat taman vertikal merupakan salah satu solusi pada lahan sempit.

Kendati demikian, bersyukurlah karena kini Anda bisa memanfaatkan ruang sempit tersebut untuk membuat taman vertikal di dalam maupun luar rumah. Berkat tren taman vertikal ini, penghuni apartemen kecil pun dapat leluasa menanam berbagai jenis herba segar maupun bunga-bunga hias lainnya.

Cara Membuat Taman Vertikal (vertical garden)

Berikut cara membuat vertical garden yang mudah dan sederhana.

  • Pasang bingkai-bingkai kayu pada dinding

cara membuat taman vertikal

Selain itu memanfaatkan papan tulis sebagai media tanam juga bisa sebagai opsi.

Bingkai tidak hanya bisa digunakan untuk memajang foto-foto kenangan bersama pasangan maupun keluarga tetapi bisa untuk media tanam.

Ada banyak cara membuat vertical garden agar lebih terlihat eksotik dan cantik. Di antaranya menggunakan kayu-kayu bekas yang dibentuk menjadi bingkai.

Masukkan tanah dan pupuk serta siapkan media tersebut untuk area berkebun dalam rumah. Selanjutnya, mulai tanam satu persatu bunga hias atau tanaman herbal yang diinginkan. Di bagian akhir, kaitkan pada paku di tembok-tembok pada tiap sudut rumah yang dipilih.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan media lain, seperti papan tulis yang dilubangi pada bagian tengah dan kemudian masukkan tanaman rambat di atasnya. Pasang papan tulis di sebelah bingkai.

  • Jadikan fauna dan flora dalam satu tempat di dinding

Anda sudah memiliki flora yang siap ditanam. Atau justru mungkin sudah menanam di sudut ruangan lainnya. Maka, untuk menambah kesan dramatis, Anda bisa menjadikan hiasan fauna berupa kepala hewan sebagai media tanam.

Caranya mudah: cukup lubangi bagian atas patung-patung hewan tersebut kemudian masukkan tanah serta pupuk dan olah agar siap dijadikan sebagai media tanam. Sisanya, tambahkan flora sesuai keinginan. Bisa juga menyesuaikan dari patung yang dipilih. Seperti gajah dijadikan media untuk menanam kaktus.

  • Cara membuat taman vertikal Dinding hidup berisi tanaman hijau nan menyegarkan

cara membuat vertikal garden

Untuk membuat taman vertikal dalam rumah dengan tanaman hijau atau bunga-bunga segar dan mudah perawatannya, Anda bisa mencontoh taman buatan Tamanindo.

Pertama-tama ciptakan frame seukuran dinding yang diinginkan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan PVC berukuran ¾ inci atau plastik PET yang mudah didaur ulang. Kemudian, letakkan tanaman-tanaman yang dipilih pada frame. Atur sedemikian rupa hingga rapi.

Dalam perawatan, Anda dapat menggunakan sistem otomatis dengan saluran air pada bagian atas dinding yang akan menyiram tanaman setiap berapa jam sekali. Bisa juga menyemprot rutin menggunakan selang setiap harinya.

Itulah 3 cara membuat taman vertikal (vertical garden) dengan memanfaatkan dinding-dinding kosong yang tersedia. Bila kesulitan membuatnya, Anda bisa menggunakan jasa Tamanindo yang terletak di daerah Tajur Halang Bogor. Baca juga, Jasa Taman Sintetis Vertikal Terkini dari Tukang Taman Jakarta

Selain mampu membuat taman vertikal sesuai pesanan, Tamanindo juga menyediakan rumput sintetis Swiss untuk pembuatan arena bermain si kecil di rumah, lapangan golf mini, maupun rumput sintetis Jepang yang biasa digunakan untuk lapangan futsal ataupun sepakbola.

Tersedia pula layanan pemasangan dengan bebas biaya kirim serta konsultasi bagi Anda yang ingin mencoba kreativitas dalam memasang sendiri. Apa pun pilihannya, hubungi saja Tamanindo untuk membantu menciptakan kebun bunga sendiri di lingkungan rumah Anda!

Anda mungkin juga suka...